KUNCI MERUBAH NASIB



Banyak sekali kata kata mutiara, kata kata motivasi yang mencoba untuk mendorong kita untuk sukses. Tapi tidaklah mudah, seringkali kata kata motivasi itu bertahan hanya 1 hari. Saya cuplik beberapa kata mutiara.

" pertama kita menciptakan kebiasaan, dan kemudian kebiasaan menciptakan kita"

"kebiasaan itu seperti kabel, kita memintalnya setiap saat. Dan akhirnya kita tidak bisa memutuskanya"

Salah satu yang sangat mempengaruhi nasib kita adalah kebiasaan sehari hari. Contoh nya kebiasaan merokok akan membawa kita kelak pada kesakitan. Kebiasaan berolahraga membawa kita sehat dikemudian hari.

James clear dalam bukunya ATOMIC HABITS menjabarkan bagimana sebuah kebiasaan baik terus dilakukan agar berefek ke nasib kita.

Kunci pertama
Menjadikan terlihat

Sangat sederhana tips pertama ini, tapi pengaruhnya cukup signifikan. Semua atribut, peralatan yang mendukung untuk merubah kebiasaan harus di munculkan dan ditampakan. 

Banyak orang frustsi dengan berat badan yang terus mengembang bak donat. Di dalam buku ini mencontohkan soal diet. Apabila ingin menurunkan berat badan, buah buahan dan air putih itu penting, tidak hanya penting tapi sangat urgent.

Nah...2 hal itu coba di tata lebih terlihat di meja makan, dan tutuplah dengan wadah yg transparan dan terlihat. Sebaliknya makanan yang menyumbang kalori dan gula tinggi di simpan. Dan tidak boleh dilihat, kalau perlu digembok atau dikunci.

Seperti nasi putih, gorengan, gula pasir, permen taruhlah dikulkas.


Kunci kedua
Menjadikan menarik

Menjadikan terlihat baru strep pertama, dan hal ini masih sangat lemah. Maka strep selanjutnya bagaimana hal hal baik yg ingin dirubah membangkitkan kesenangan.

Seandainya pola makan sehat ini, semua makanan sehat sudah diperlihatkan tapi tak kunjung berhasil. Strategi kedua ini patut kita coba. Sandingkan kebiasaan lama kemudian lakukan dengan kebiasaan baru. Jadi kebiasaan baru disusupkan di kebiasaan lama.

Contohnya setiap pagi kita minum kopi dengan campuran gula pasir yg manis coba ditambahkan dengan komitmen makan buah setelahnya. Atau setelah minum teh manis selanjutnya meminum air putih 1 liter. 

Kunci ketiga
Menjadikan mudah

Step ketiga juga sangat sederhana. Karena berbicara ingin merubah kebiasaan, kadang kadang kita tergesa gesa ingin melakukan semuanya dengan banyak hal tapi sialnya di 3 hari kemudian tidak konsisten.

Step menjadikan mudah ini bertujuan agar konsistensi ini tetap terjaga dengan melakukan yg ringan dan tidak memberatkan.

Contohnya tentang membiasakan olahraga sepeda. Cobalah untuk bersepda dengan jarak dekat saja. Dan lakukan terus menerus. Menggoweslah 2 kilo tapi seminggu 3 kali dari pada bersepeda 8 kilo hanya seminggu sekali.


Kunci keempat
Menjadikan memuaskan

Merubah perilaku atau kebiasaan baik yang sangat penting adalah konsisten. Problemnya adalah kebiasaan awal yang kita lakukan itu, efek manfaatnya bisa dirasakan setelah 8 bulan atau 12 bulan kita lakukan.

Artinya ganjaran kebiasaan baik itu lama kita dapatkan, hal inilah kita merasa malas melakukan hal baru yang baik.

Kenapa sih perokok itu sudah tahu merusak kesehatan tapi tetap nelakukanya..?? Karena ada ganjaran langsung yg didapat oleh siperokok saat itu juga. Entah rasa santai atau rasa senang yang bisa dirasakan langsung oleh si perokok.

Nah kita buat ganjaran itu langsung kita rasakan saat melakukan hal baik. Merasa SUKSES, merasa BERHASIL itu penting kita rasakan. Walaupun yang di lakukan masih kecil.

Atau kita buat ganjaran yang tertunda, seperti kesehatan itu dimunculkan di awal. Contohnya menempel gambar tubuh bugar vs tubuh yang terbaring di rumah sakit. Menempel rumah idaman kita di dompet agar kita menahan pengeluaran dan rajin menabung..

Silahkan di coba ya...
Sekian dan salam cinta kasih 😍

Addin Albana
Addin Albana Selamat datang di addinalbana.com blog ini berisi opini pribadi, inspirasi dan bisnis dari buku-buku motivasi dan bisnis yang saya baca ataupun pengalaman pribadi selama ini Salam Hangat Addin Albana Owner Kembang Mart Magelang www.kembangmart.com

Tidak ada komentar untuk "KUNCI MERUBAH NASIB"

Berlangganan via Email